For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.

Turut Berduka, Erick Thohir Sebut Ciputra Tokoh Properti Indonesia

Turut Berduka, Erick Thohir Sebut Ciputra Tokoh Properti Indonesia
Ir.Ciputra yang merupakan pendiri perusahaan properti Ciputra Group. Menteri BUMN Erick Thohir mengenang Ciputra sebagai tokoh penting industri properti Indonesia. Ciputra meninggal pada Rabu (27/11) dini hari di Singapura. (Foto: Katadata.co.id)


Erick Thohir mengatakan Ciputra merupakan tokoh yang membangun fondasi industri properti di Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut berduka cita atas meninggalnya pengusaha properti, Ciputra, di Singapura, Rabu dini hari (27/11).

Erick mengatakan Ciputra merupakan tokoh properti Indonesia.  Sosok Ciputra telah menghasilkan sejumlah karya properti di Indonesia.

“Saya turut berdoka cita atas berpulangnya Bapak Ciputra, yang telah menghasilkan sejumlah karya bagi dunia properti,” kata Erick, dikutip dari keterangan resminya, Rabu (27/11).

Ia pun mengenang mendiang Ciputra sebagai tokoh yang membangun Taman Impian Jaya Ancol pada 1966. Proyek tersebut merupakan proyek pertama yang membawa Ciputra pada kesuksesan di bidang properti.

“Ciputra adalah tokoh yang turut membangun fondasi dunia properti di Indonesia. Selain itu Almarhum adalah pemegang Satya Lencana Pembangunan,” ujarnya.

Pria kelahiran Parigi, Sulawesi Tengah pada 23 Agustus 1931 ini mengawali kariernya di Jaya Group yang merupakan perusahaan properti milik Pemda DKI Jakarta. Ia bekerja di BUMD tersebut hingga berusia 65 tahun.

Kemudian Ciputra mendirikan Metropolitan Group bersama dengan Sudono Salim, Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad. Perusahaan tersebut membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai.

Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai Direktur Utama di Jaya Group dan Presiden Komisaris Metropolitan Group. Ia kemudian mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group.

Pria bernama Tionghoa Thie Tjin Hoan ini juga terkenal sebagai filantropis dan gemar menjadi pembicara kewirausahaan. Ia juga mendirikan Universitas Ciputra.

Mengutip Forbes, Ciputra menempati posisi ke-27 orang terkaya di Indonesia pada tahun lalu. Total kekayaannya mencapai US$ 1,3 miliar atau setara Rp 18,33 triliun.

 

 

Sumber: KATADATA.co.id/Editor: Ratna Iskana – Penulis: Fariha Sulmaihati

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kunjungan

  • 0
  • 25
  • 16
  • 1.974
  • 14
Top