For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.

Ciputra Tutup Usia di Singapura, Ini Perjalanan Bisnisnya

Ciputra Tutup Usia di Singapura, Ini Perjalanan Bisnisnya
Ir Ciputra (Foto: TEMPO.co/Nurdiansah)


Jakarta – Chairman dan Founder Ciputra Group, Ir Ciputra, meninggal dunia di Singapura pada tgl  27 November 2019 pukul 01.05 waktu setempat. Hal itu dikonfirmasi oleh Direktur Ciputra Development Tulus Santoso.

“Ya benar,” kata Tulus saat dihubungi, Rabu, 27 November 2019.

Adapun dari informasi yang beredar itu, jadwal pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenasah tiba di Jakarta. “Kami mengucapkan turut berduka cita yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini,” ujarnya.

Ciputra, sang pelopor real estate Indonesia itu memulai bisnisnya tanpa modal. Dia hanya mengandalkan kredit ke bank-bank di awal karirnya.

Menurut Ciputra, entrepreneurship merupakan ilmu kehidupan. Lima puluh tahun silam, kata dia, dirinya “buta” tentang entrepreneur. “Tapi, setelah saya menjalankannya, saya bisa,” kata dia Senin, 17 Februari 2019.

Sejak duduk di bangku SMP hingga kuliah, Ciputra berjualan rupa-rupa dari kelelawar hingga perabot rumah tangga. “Entrepreneur sesungguhnya tidak belajar di belakang meja, tetapi langsung praktek di lapangan,” kata dia.

Resep menjadi pengusaha yang berhasil, kata Ciputra, wajib punya keinginan kuat, semangat, dan keberanian mengambil risiko. Sebab, sukses-tidaknya seorang entrepreneur juga ditentukan dari kemauannya untuk belajar dengan melihat pengalaman orang lain yang sukses. “Sampai sekarang saya selalu melihat dan mempelajari orang-orang yang berhasil,” ujarnya.

Ciputra juga menekankan jiwa kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Sikap ini, menurut dia, menjadi modal seorang entrepreneur untuk meraih kesuksesan di pasar lokal juga pasar global. “Kalau belum bisa jadi leader di pasar dalam negeri, jangan coba-coba bersaing di pasar luar negeri,” kata Ciputra.

Adapun sejumlah proyek yang dikembangkan Ciputra, yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Pondok Indah, Serpong, perumahan Kedoya Garden, Wesling Apartment, Perumahan Kembangan Baru, Green Court Residences, CREA Resort Office Bali, Bintaro, Ciputra World II dan sejumlah mal lainnya.

Selain itu, juga perumahan Springhill Golf Residences, Royale Springhill Apartment, The Boutique Apartment and Office Park Kemayoran.

Ciputra Group juga mengembangkan proyek Ciputra Hanoi International City, Grand Phnom Penh International City di Kamboja, dan Grang Shenyang International City di Cina.

Sumber: TEMPO.co/Muhammad Hendartyo-Rahma Tri

leave your comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kunjungan

  • 0
  • 25
  • 16
  • 1.974
  • 14
Top